Pencanangan Wisma Pancasila Lapas Kelas II, Menguatkan Ideologi  Pancasila  Dalam Kehidupan sehari-hari

 

Yogyakarta – Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia. Pasca era reformasi muncul fobia terhadap Pancasila, makin lunturnya jiwa  Nasionalisme, moralitas bangsa  menurun, dan masyarakat merasa asing terhadap Pancasila serta nilai nilai Pancasila.

Hal tersebut  disampaikan Kasdim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Arh Tjatur Supriyono, S.Si., M.Sc mewakili Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto dalam pencanangan Wisma Pancasila,dan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Sebagai Semangat Untuk Mencintai Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Jl. Tamansiswa No. 6 Yogyakarta. Selasa (19/04/2022).

Hadir dalam pencanangan  Wisma Pancasila, Kapolsek Pakualaman Kompol Sigit Ariyanto Adi S.St., M.N,  Danramil 05 Pakualaman Mayor Inf Joko Susanto, Sekretaris Kesbangpol Kota Yogyakarta Rumpis

Menurutnya, menjadi  tantangan  untuk bersama sama  menguatkan kembali ideologi Negara yakni,  Pancasila dalam kehidupan  sehari hari.

“Terimakasih kepada Lapas Kelas IIA Yogyakarta sudah mencanangkan Wisma Pancasila. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Kota Yogyakarta bersama Kodim 0734/Kota Yogyakarta.Pada saat ini telah dan sedang membentuk kampung Pancasila di masing-masing Kemantren minimal satu Kampung Pancasila. Setidaknya bisa sebagai percontohan untuk Lapas yang lain di wilayah DIY,” ucap Kasdim.

Ka Lapas Kelas IIA Yogyakarta Soleh Joko Sutopo, Bc.I.P., S.H., M.Si menyampaikan bahwa saat ini Lembaga Pemasyarakatan telah menggunakan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN), yang menjadi syarat bagi Warga Binaan untuk mendapatkan remisi dan program integrasi tidak terkecuali bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

“Kesadaran hukum, berbangsa dan bernegara adalah bagian penting dalam pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Dengan mengikuti penyuluhan wawasan kesadaran berbangsa dan Pencanangan Wisma Pancasila warga binaan pemasyarakatan diharapkan bisa menambah pengetahuan dan memperkuat kesadaran berbangsa dan bernegara,” tutur Ka Lapas.

Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kumham DIY Gusti Ayu Putu Suwardani mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Kesbangpol Kota Yogyakarta dan Polresta Yogyakarta atas kerjasamanya sehingga terbentuk Wisma Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

“Semoga awal dicanangkannya Wisma Pancasila di Lapas Kelas IIA Yogyakarta menjadi contoh bagi Lapas/ Rutan yang lain untuk juga mencanangkan dibentuknya Lapas/Rutan yang berwawasan Pancasila,”ucapnya.Krn/Santo@

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*