Danyon Tanam Bibit Pohon: Program Berkelanjutan Siapkan  Ribuan Bibit Hijaukan Markas

Sleman, Elsindonews,–Batalyon Yonif  Mekanis  403 bekerjasama  dengan Himpunan  Putra Putri Keluarga TNI Angkatan Darat (HIPAKAD) DIY dan Jateng melakukan  penanaman bibit tanaman buah di Komplek  Mako Yonif Mekanis 403, Kentungan, Sleman, Kamis, (24/3/2022).

Secara simbolis,Danyon 403 Letkol Inf Helmi, Wadan Yonif  403/WP Mayor Inf Tri Hasan secara berturutan  melakukan  penanaman dan lanjutkan masing-masing perwakilan  Hipakad Sleman, Klaten,Karanganyar, Pati.

Di sela sela penanaman pohon , Danyon Letkol Inf  Helmi,ditemui disela-sela  acara mengatakan, tujuan penanaman dimaksudkan bentuk kepedulian lingkungan, dan sebagai amal jariyah untuk generasi mendatang, serta   menjaga  pelestarian  alam, sekaligus menjaga eksosistem  lingkungan  dan perubahan iklim ekstrem.

” Kami mengucapkan terima kasih kepada Hipakad, yang telah mendedikasikan dalam kegiatan pelestarian  alam dan menjaga eksosistem,Hipakad merupakan bagian dari keluarga besar TNI AD.” ungkapnya.

Ditambahkan, dalam rangka menciptakan  lingkungan hijau,   program  Batalion ke depan akan menerapkan program  berkelanjutan, sehingga   Yonif 403 menjadi kawasan  hijau di tengah  kota. Kesiapan,menjadikan  kawasan  ramah lingkungan yang bersih telah disiapkan  sebanyak  5000 bibit pohon.

“  Kami telah menyiapkan berbagai bibit pohon mangga, durian, rambutan, matoa, kelapa kopyor, bibit tersebut  berasal dari sumbangan  dari berbagai pihak,  dan sebagian  besar  dari biji yang kita  semai di polybac, kami bekerja sama dengan warga sekitar Batalion.” ujarnya.

Sementara itu Dewan  Penasehat Hipakad Pati, Mudjianti (75 tahun), ditemui  seusai acara  penanaman  pohon, beberapa anggota  Hipakad, orangtuanya pernah  bertugas di Yonif 403, sekalian napak  tilas  jejak  orangtuanya pernah  bertugas  Yonif 403.Dalam kesempatan  ditanam lebih dari 400 bibit pohon terdiri dari  matoa,mangga,kelapa kopyor.

Hal  serupa  juga  dialami,Yanto yang pernah  tinggal  di asrama dan dibesarkan di lingkungan asrama Yonif 403 , orangtuanya bertugas  di Yonif sebagai  prajurit sejati  memiliki  disiplin tinggi.  “ Saya  bangga  dengan  Bapak, saya  tetap  menghargai  jiwa  besarnya  sebagai prajurit yang disiplin tinggi.”ungkapnya  mengenang.

“ Dulu  kami  sering main main dan manjat pohon jambu kluthuk atau  main sepak bola di lapangan bersama teman teman satu komplek,”ungkap anak kolong sambil menatap jauh, mengingatkan masa  kecil di lingkungan  asrama, yang orangtua  menerapkan disiplin, tegas. Niken/Krt  Krido.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*