Cakap Bermedia Sosial untuk Pelayanan Publik yang Optimal

Sleman,Elsindonews,- – Seiring dengan perkembangan zaman, pelayanan publik harus bisa menjangkau setiap lapisan masyarakat secara langsung, mudah, murah, dan cepat tanggap. Menyikapi hal tersebut, pemerintah perlu memanfaatkan teknologi, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, termasuk teknologi internet dan media sosial yang kini sangat mudah diakses masyarakat.

“Media sosial menjadi salah satu media dengan jangkauan yang luas dengan proses diseminasi informasi yang cepat. Dengan melihat efektivitasnya dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan masyarakat, pemerintah harus mampu memanfaatkan media sosial untuk meraih perhatian dan dukungan khalayak luas serta tidak lagi semata-mata bertahan dengan cara-cara komunikasi yang konvensional,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman, Eka Suryo Prihantoro, dalam acara Bimbingan Teknis Media Sosial yang diselenggarakan Diskominfo Sleman di Crystal Lotus Hotel, Sleman, Rabu (23/2/2022).

Eka berharap Bimtek yang diselenggarakan ini dapat membantu seluruh peserta yang terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sleman dalam mewujudkan pelayanan publik yang cepat tanggap, serta tepat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Hal senada juga disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Sleman Bidang Pemerintahan dan Hukum, Jazim Sumirat. Menurutnya, media sosial saat ini bukan lagi menjadi trend, namu sudah menjadi bagian dari pola hidup masyarakat.

“Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi pemerintah untuk memanfaatkan media sosial sebagai media publikasi dan komunikasi program pemerintah,” ungkap Jazim.

Ia berharap, setiap perangkat daerah, khususnya yang berada di Kabupaten Sleman dapat memanfaatkan berbagai kelebihan yang dimiliki media sosial untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat mengenai berbagai potensi yang ada di Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Agus Mulyadi, Penggiat Media Sosial yang juga merupakan Redaktur Eksekutif Mojok.co mengatakan bahwa media sosial saat ini telah digunakan oleh lebih dari 60% penduduk Indonesia. Karena jangakuannya luas tersebut, media sosial saat ini menjadi jalan terbaik dalam hal promosi, hubungan masyarakat, dan juga branding.

“Media sosial menjadi alat paling relevan saat ini untuk membangun reputasi dan personal atau institusi branding secara digital,” ujarnya.Ang/Gno/Suarno

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*