Di tengah Pandemi Covid -19 Kikav 2 Sulap Lahan Kosong Jadi Lahan Produktif

 

Yogyakarta, Elsindonws,–Untuk meningkatkan ketahanan pangan  di masa pandemic Covid-19, Satuan  Kompi Kavaleri (Kikav) 2/JRTR Demak Ijo, berinisiatif  memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami  sayur mayur di markasnya Demak Ijo, Yogyakarta.

Program ketahanan  pangan, dengan  memanfaatkan  lahan  kosong  sebagaimana diungkapkan Dankikav Kapten  Kav Pradita Yudha Runiawan, S.ST.Han., S.IP, dimulai Agustus lalu, dengan memanfaatan lahan seluas 90×15 meter,dengan ditanami  sawi, kangkung,terong, timun, kacang panjang, jagung dan cabe.

Pemanfaatan lahan  kosong menjadi lahan produktif untuk mensejahterakan, sebagai wujud dukungan nyata satuannya serta menindaklanjuti  nota  kesepahamanan  TNI dan Kementan RI mewujudkan ketahanan  pangan nasional.

“Kami pun mensosialisasikan ke  anggota dan mendapat respon positif dengan memanfaatkan lahan kosong agar lebih produktif  dan bermanfaat meningkakan kesejaheraan, dan ketahanan   pangan  di masa pandemi,” ungkap lulusan Akmil 2012.

Ketertarikan untuk  memanfaatkan lahan kosong, saat pertama   dilantik sebagai Dankikav 2/JRTR Mei lalu. Ketika masa orientasi mengenal lingkungan satuan.

”Ketika itu saya  berkeliling  melihat lahan  kosong di selatan  banyak ditumbuhi  rumput liar.Kemudian, saya  agendakan untuk membuat  program  pemanfaatan lahan kosong. Lalu saya sampaikan  ke seluruh  anggota , sekaligus  saya  adakan  lomba antar  peleton untuk bercocok tanam. Alhmadullah ,mendapat respon  dan dukungan positif dari prajurit dan Persit.” papar Dankikav.

Sedangkan, berbagai  jenis sayur   yang ditanam  Agustus  lalu, kini hasil sudah  bisa  dipanen secara  bersama-sama baik  dilakukan prajurit Kikav 2/JRTR beserta Persit.

“Alhamdulillah, kami dapat  memenuhi  kebutuhan sayur mayur secara  mandiri dari kebun sendiri,  dan mengurangi ketergantungan  pangan dari luar.Di samping itu dengan pangan lebih sehat dan segar.” imbuh Kapten Pradita. Krn/San

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*