Minimalisir Penularan Covid -19 Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban Al-Ikhlas Lakukan Penyemprotan Disinfektan

 

Sleman, Elsindonews,–Dalam upaya  meminimalisir  mobilitas dan kerumunan masa selama Pemberlakuan  Pembatasan  Kegiatan  Masyarakat (PPKM) Darurat,  sejumlah  masjid dan mushola mempersiapkan kepanitiaan Idul Adha 1442 H   untuk melakukan   penyembelihan  hewan hingga pendistribusian kurban.

Penyembelihanhewan kurban  berlangsung  dalam waktu tiga hari,yakni  pada tanggal 12,12 dan  13  Dzulhijjah 1442 H, ( 21,22 dan 23 Juli 2021) untuk  menghindari terjadinya  kerumunan di lokasi, dengan menerapkan  protokol kesehatan  secara  ketat.

Kesiapan,  Mushola Al-Ikhlas,sebagaimana diungkapkan, Agung disamping mematuhi ketentuan dari Pemerintah, Pemkab  Sleman  juga mencegah  penularan  Covid-19.

“ Awalnya, kami akan  melakukan penyembelihan setelah  salat  Idul Adha pada  Rabu, tanggal 20  Juli 2021, namun   setelah atas saran dari Kalurahan, sesuai  aturan yang dikeluarkan  penyembelihan 21,22 da 23 Juli 2021,kemudian kami memilih  tanggal 21 Juli 2021, dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan secara  ketat.” ungkapnya.

Kesiapan panitia Idul Adha  Musholla  Al-Ikhlas, diantaranya melakukan penyemprotan  dengan disinfektan pada area penyembelihan,pengulitan,pemotongan daging dan  konsumsi. Untuk penyemprotan  dilakukan  4 kali,yakni H-1,Hari H dan H+1 mulai  dari  tanggal 19 s.d 22 Juli 2021.

Sampai saat jumlah hewan kurban Al-Ikhlas sebanyak sapi 6 ekor,Kambing 7  ekor. Kegiatan  serupa juga dilakukan di sejumlah  masjid At Tauhid dan  As- Samsy di Sidomulyo, Baiturahim,Sariharjo, dengan menerapkan anjuran pemerintah yakni, semua panitia petugas menerapkan jaga  jarak fisik  antar petugas pada saat melakukan  penyembelihan,pemotongan, pengulitan,pencacahan,pengemasan dan pendistribusian daging mengenakan masker.

Di sejumlah  Masjid dan  Mushola  mulai melakukan penyemprotan awal.Disarankan bagi  panitia yang  sekiranya  badannya tidak enak, dianjurkan untuk tidak datang ikut  melakukan kegiatan hal ini dilakukan guna pencegahan penularan  Covid-19. Djoew-Ardi/San

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*