Komunitas Masyarakat Warung Kopi, Adakan Seminar Jalanan “Mencari Arah Pendidikan Indonesia”

 

 

Sleman, Elsindonews,–Pendidikan,sejatinya  melahirkan generasi yang mampu menghadapi sikon di masa  sekarang akan datang, akan tetapi Hardiknas 2021 kali ini nampak berbeda. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki kualitas pengetahuan tinggi dalam segala lapisan masyarakat, khususnya kaum muda.

Hal tersebut disampaikan Komunitas  Masyarakat Warung Kopi dalam seminar pendidikan yang  terhimpun berbagai kalangan   mahasiswa DIY, di  simpang  empat  Universitas  Pembangunan  Nasional “Veteran” Yogyakarta (2/5/2021).

Seminar Pendidikan,  kali ini beda dengan seminar layaknya di sebuah  hotel mewah, seminar jalanan, dengan  tema, Mencari Tujuan Pendidikan Indonesia.”, ini merupakan bentuk kritik terhadap makin buramnya  pendidikan di Indonesia.

Dunia pendidikan  mampu merampas  ruang produk pendidikan, mulai  hilangnya  tanggung jawab pendidik, dan paling penting mentalitas anak bangsa.Dengan  alasan menekan  bertambahnya  penyebaran  Covid 9, tetapi  bersamaan  dengan itu akses  sektor  pariwisata  dan ruang public dibuka selebar lebarnya.

Indikasi pemerintah  berfokus  untuk menyelematkan perekonomian , sementara pemerintah  mengesampigkan  sector pendidikn,Lalu  prtanyaan  kemudian  mana eih enting  pendidikan dan Pariwisata.

“ Yang kemudian terjadi, pembelajaran  awalnya  dilakukan secara tatap  muka. Berubah  menjadi pembelajaran jarak jauh secara  daring.” tandas Korlap.

Kemendikbudristek, tidak siap dengan situasi pandemic,hampir  lebih  dari setahun pandemic belum berlalu, belum  ditemukan metode  pembelajaran  efektif untuk  memenuhi standar  pendidikan nasional.

Pemerintah kehabisan daya nalar inovatif untuk memaksimalkan proses pendidikan. Pembelajaran pun banyak berlangsung hanya sebagai formalitas untuk membatalkan kewajiban belaka.

Aksi seminar pendidikan jalanan,  menuntut penyelenggaraan pendidikan di Indonesia tidak hanya menghasilkan individu pendukung korporasi, akan tetapi fokus pembentukan moralitas dan karakter menjadi corak khusus pendidikan di Indonesia. Perlu adanya koreksi secara menyeluruh  mulai  dari hulu hingga  hilir system pendidikan diimplementasi, sehingga  terwujudnya  Revolusi  Pendidikan yang  nyata. Revolusi  Pendidikan  akhirnya  menjawab  beban negara  yang  berkewajiban  menjadi kehidupan bangsa. Dy@n/S@N

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*