Kolaborasi Peragaan Tata Busana Adat Daerah Berdasar Pakem

 

Yogya,Elsindonews,–Dalam rangka melestarikan  tata busana adat , pameran peragaan   dilakukan secara open show, diselenggarakan  kelompok ibu-ibu, dengan  tema melestarikan  busana adat dan  tradisi, digelar di pelataran  Benteng  Vrederburg,Yogyakarta Sabtu,(17/4/2021)

Ditemui, seusai  peragaan busana,Lidya mengatakan akhir-akhir ini cenderung banyak tata cara dan pemakaian busana adat daerah banyak yang keluar dari (menyimpang) pakem.Harapan dengan  peragaan ke depan tidak menyimpang dari pakem.

Seperti dicontohkan, apa itu bentuk setelan busana yang menyangkut tata riasnya.Sanggulnya, asesoris yang ada serta mulai dari konde, gelang,kalung maupun hiasan rambut, serta tata rias wajah.

“ Semua ini harus sinkron dan harmonis sesuai daerahnya masing masing, jadi sungguh tidak dibenarkan penggunaan asesoris dan tata rias wajah yang dianggap menyimpang dari pakem.”ujarnya.

Peragaan kali ini menampilkan peragaan busana  adat Papua dibawakan oleh Dewi dan Fero, Jawa Jogja Solo bludru oleh Yani dan Ester,Bali oleh Fero  dan Indras, Batak Toba oleh Dony, Ayun dan Wara Makasar oleh Dian dan Lisa,NTT oleh Adam dan Purna,Sunda Jabar oleh Siska dan Afri. Dalam penampilan  peragaan busana  adat diiringi, lagu jawa Suwe Ora Jamu dipandu Yossy (Krt Krido/San)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*