KKN IT UMY Ajarkan Pembukuan Keuangan Berbasis Digital

Sleman,Elsindonews,– Guna meningkatkan kemampuan  dan perbaikan management keuangan, Kelompok 218  KKN IT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan  pelatihan kelompok UMKM di Plumbon, Sleman, (5/2/2021)

Masalah utama yang dihadapi Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) adalah pengelolaan keuangan masih bercampur dengan keuangan  keluarga. Kelompok 218 KKN-IT UMY berinisiatif memberikan pelatihan pembukuan keuangan berbasis digital pada kelompok UMKM melalui virtual workshop sebagai salah satu program utama KKNnya.

 Pelatihan menghadirkan narasumber Akuntan senior yang juga  Dosen UMY Dr. Dyah  Ekaari Sekar, diikuti  sebanyak 32 warga kelompok  UMKM di  Plumbon.

Dalam sambutanya, Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Suranto mengatakan,  setiap usaha wajib menyadari dan menguasai pembukuan keuangan agar analisa kondisi UMKM antara pemasukan dan pengeluaran tetap berjalan dengan baik.

Program ini, harapannya bisa berguna untuk management keuangan yang lebih baik bagi para UMKM di Plembon, karena pengetahuan mengenai pembukuan keuangan merupakan hal yang penting untuk memastikan sirkulasi keuangan yang teratur. Pembukuan keuangan memungkinkan pelaku UMKM untuk menganalisis dan mengelola keuangan mereka secara tepat dan akurat.

“Meskipun dalam kondisi pandemi, kita tidak boleh putus asa, kita tetap semangat melakukan inovasi-inovasi baru untuk UMKM guna memberdayakannya termasuk melalui perbaikan management keuangan, saya berharap kegiatan ini sebagai langkah awal bagi para UMKM untuk lebih semangat dalam menjalankan  UMKM,” tandas Dr. Suranto Dosen Pembimbing Lapangan. Gigin/San

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*