Kultum Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Masjid Muhajirin: CITA MAS JAJAR

Jamaah Masjid Muhajirin Perumnas Condongcatur antusias mengikuti Kultum oleh Kepala Puskesmas II Sri Mujianto, SKM,MPH

Sleman, Elsindonews,–Naiknya  kasus  Covid-19 menjadi perhatian Puskesmas Depok II  dengan jumlah penderita  Covid-19  di Depok  sebanyak 172  kasus,waktu 3 minggu menjadi 40 kasus, tertinggi  ditempati  Dero,Leles dan Sanggrahan.

Hal tersebut diungkapkan,  Kepala  Puskesmas  Depok II Sri  Mujianto, SKM,MPH  dalam Kultum di hadapan jamaah  Masjid Muhajirin, Perumnas Condongcatur,Depok Sleman,  Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, masalah   Covid-19  adalah penyakit  yang  virusnya tidak terlalu lamban, tetapi penyebaran  sangat  cepat (masif). Virus  Covid -19 sulit  terdeteksi oleh indra,kecuali dengan alat. Adapun beberapa gejala yang dialami seseorang  dengan gejala  klinis panas di atas 38 ‘,batuk pilek,lesu lemah,Sakit  tenggorokan, gangguan sesak nafas badan gregesi.

Tidak semua penderita  covid punya gejala, (OTG) tetapi dalam tubuhnya ada  Virus Covid- 19, semua hanya  bisa  diagnose dengan metode Swab.Jika mendengar istilah rapid tes, Rbt dan Swab. Bedanya, rapidtes hanya untuk sekali (memisahkan) antara yang sakit dengan yang tidak. Hasilnya non reakif atau reaktif, sehingga  Rbt, tidak bisa untuk menentukan  seseorang kena  Covid-19 atau tidak, seseorang dinyatakan Covid 19, kalau dari reaktif ditindaklanjuti  melalui pemeriksaan lanjutan dengan metode Swab.

Untuk pencegahan, biasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin. Segera buang tisu ke tempat sampah yang tertutup dan bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer.

Jaga jarak sosial setidaknya jarak 1 (satu) meter dengan orang lain, terutama dengan yang batuk, bersin, dan demam.Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan.Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis.CITA MAS JAJAR :  cuCI TAngan, Pakai MASker, JAga JARak. san

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*