Antisipasi Dampak Potensi Letusan Gunung Merapi Beberapa Penduduk Diungsikan Termasuk Ternak

Yogya,Elsindonews,–Sejak dinaikkan status  Merapi oleh BPPTKG, kesiapsiagaan  menghadapi erupsi Merapi lebih disiapkan, termasuk  kesiapsiagaan desa tangguh bencana.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Pencegahan  BNPB Ir. Lilik  Kurniawan, M.Si  dalam press   conferensi di Media Centre BPBD DIY Jl.Kenari  14 A, Yogyakarta (13/11), menurutnya ketangguhan  akan  teruji,  manakala  tidak terus menerus  minta bantuan pada pemerintah,arti ketangguhan itu tidak akan  terlihat.

Dari  sisi pemerintah  mempersiapkan  dukungan  terhadap  Kab/Kota hingga  ke desa, komunitas.Terkait banyaknya  relawan yang membantu langsung ke tempat evakuasi  dipastikan  sudah sehat. “ Siapapun yang masuk ke tempat evakuasi sudah dipastikan  sehat, sudah di swab, kami khawatir menulari kelompok rentan. Kelompok rentan  yang tertular Covid-19 dampaknya akan sangat berat, ini yang harus kita jaga.”  tegasnya.

Sementara itu,Kepala BPPTKG  Dr. Dra. Hanik Humaida. M.Sc menyatakan  pertumbuhan kubah lava bisa diprediksikan, adanya Edm (pemendekan kecepatan) salah satu indikasi volume yang besar ada di dalam. Faktor  kecepatan magma untuk Merapi komposisi magma ,namun  yang utama adalah gas yang menyebabkan magma  cepat ke permukaan karena ada gas yang mendorong.

Menurutnya, status gunung api mempunyai 4 tingkatan yakni normal,  kenaikan  aktivitas waspada, potensi mengancam penduduk siaga, dekat   dengan erupsi  awas. Level normal (level 1), waspada (level 2),siaga (level 3), awas (level 4).

Kepala Pelaksana BPBD DI Yogyakarta Ir. Biwara Yuswantana, M.Si. sampai saat ini sudah diungsikan sebanyak 196 orang di Glagaharjo kelompok rentan 167 rincian lansia 86,anak-anak 24, balita 25, ibu hamil 1  , ibu  menyusui 17, disabilitas 18 orang.

Sedangkan di Jawa Tengah sebagaimana dilaporkan,  Plt. Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah Ir. Safrudin, M.Si,jumlah pengungsi di Magelang 808,Klaten 325 pengungsi, evakuasi sementara di Balerante Kecamatan Kemalang 242 jiwa,  Tegalmulyo Kemalang 83 jiwa, di Boyolali selain warga desa yang diungsikan juga  ternak  Boyolali 2874, Desa Tlogolele Klaten 96 ternak. Krt Krido/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*