Masa Pandemi BAZNAS DIY Bangkitkan Ekonomi Mustahik

BAZNAS DIY memberikan bantuan modal usaha kepada 18 penerima manfaat di DIY

Yogya,Elsindonews,–Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai badan resmi yang dibentuk pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

Dalam Undang-undang tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

BAZNAS DIY memiliki 5 program pendistribusian dan  pendayagunaan ZIS diantaranya DIY Taqwa, DIY Cerdas (Pendidikan), DIY Sehat (Kesehatan), DIY Peduli (Kemanusiaan) dan DIY Sejahtera (Ekonomi).

Di masa pandemi BAZNAS DIY berupaya terus membantu masyarakat yang membutuhkan, baik dalam bidang syiar dakwah Islam, beasiswa Pendidikan , kesehatan penanganan stunting Bersama rumah sehat BAZNAS Yogyakarta, paket logistic keluarga melalui Layanan Aktif BAZNAS DIY (LAB DIY) maupun kebencanaan oleh Tim BAZNAS Tanggap Bencana DIY (BTB DIY) dan difabel BAZNAS DIY (Diffabel Karya Mandiri) terus dorong untuk semangat dan inovatif .

Di masa pandemi yang belum usai ini BAZNAS DIY terus berupaya untuk membantu ekonomi mustahik untuk terus bangkit melalui program DIY Sejahtera dengan pemberian bantuan modal usaha.

Pemberian bantuan modal usaha diberikan kepada 18 penerima manfaat di DIY, pemberian bantuan modal ini diserahkan langsung oleh Pimpinan Baznas DIY Bid. Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS (Drs.H.Agus Sunarto, MBA) bertempat di Aula lantai 3 Kanwil Kemenag DIY Jl. Sokonandi no.8 Yogyakarta (11/11/2020).

Sebelumnya BAZNAS DIY juga telah mendistribusikan bantuan penguatan modal sinergi bersama Dinas Sosial DIY dengan 211 penerima manfaat. Dengan total bantuan Rp.211.000.000.  Ded/San

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*