Hari Pahlawan dan Milad Pangeran Diponegoro :Mengemban Amanah Marwah nDalem Tegalrejo

Yogya,Elsindonews,–Peringatan Hari Pahlawan dan Milad 235 Tahun kelahiran Pangeran Diponegoro, diadakan Keluarga Besar Keturunan Pangeran Diponegoro, yang tergabung PATRA PADI (Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro) lakon Sang Kusuma Bangsa, dalang Ki Catur Kuncoro, dan doa bersama oleh Ustadz A Fillah di nDalem Yudanegaran, Yogyakarta 11/11/2020.

Peringatan serupa di selenggarakan di Tegalrejo, tahun 2017 diselenggarakan  di ndalem Yudanegaran hingga  sekarang. Hadir  Ketua Ikatan Keluarga  Pahlawan  Nasional Indonesia Korwil DIY, GBPH Prabukusumo,Danrem 072/Pmk  Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan.

Dalam sambutan,Ketua Patra Padi Ki Roni Sodewo, mengatakan selain,menjaga dan men ngemban amanah untuk menjaga sejarah dan marwah Ndalem Tegalrejo sebagai tempat yang bersejarah tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam  acara tersebut,Ketua Ikaundip (Ikatan Alumni Universitas Diponegoro) DPD DIY Wiwik . Perlu diketahui bahwa Wayang Diponegoro terwujud berkat bantuan IKAUNDIP pada tahun 2017 dan sampai hari ini sudah dipentaskan ke 15 kali. Sudah keliling pulau Jawa, tetapi belum pernah singgah di Kampus Undip maupun di Kodam IV/Diponegoro.Ucapan terima kasih keluarga besar Sri Sultan Hamengku Buwono (Trah HB ) yang juga hadir.

Untuk  kedua  kalinya, Dhimas Salim menyampaikan sejarah Pangeran Diponegoro Sang Kusuma Bangsa serta memimpin doa untuk para pahlawan yang sudah rela berkorban untuk bangsa  dan Negara.

Menjadi Pahlawan bukanlah cita-cita para leluhur. Kita semua yang masih hidup yang menyematkan gelar Pahlawan sebagai rasa hormat dan terima kasih atas jasa dan pengorbanan. Mereka tidak pernah bercita-cita menjadi pahlawan tetapi perjalanan dan pencapaianlah yang menjadikan sosok yang berjasa. Pengorbanan dan  jasa  perjuangan yang panjang secara beranting  membuahkan hasil yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Ki Roni

Ditambahkan pertanyaannya bisakah kita semua berkorban, berjuang dengan ikhlas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan ? Pertanyaannya adalah apakah kita semua termasuk orang yang bermanfaat bagi generasi yang akan datang ? Ab/Isan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*