Bapas Yogya Adakan Pelatihan Bimbingan Kemandirian Siapkan Klien Kembali ke Masyarakat

Bantul, Elsindonews,–Sebanyak 5 orang klien pemasyarakatan mengikuti pelatihan Bimbingan Kemandirian Siapkan  Klien kembali  ke masyarakat yang diadakan Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta dengan  instruktur Suryanto dari Suryatani  dan  Kelompok  Wanita Tani  Sukamaju,di Palihan, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, (24/09)

Hadir  dalam pelatihan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan  Lurah Desa  Mulyodadi Edi Murjito dengan materi menanam sayur, pembuatan  keripik  pisang  oleh instruktur Suryanto.Dengan  diadakan pelatihan Lurah desa  menyambut baik dan mengapresiasi .

Sambutan Kepala Bapas yang dibacakan Kepala Seksi Bimbingan  Klien Dewasa, Dwi Setyo Wahyudi, tujuan pelatihan adalah revitalisasi pemasyarakatan untuk  merangkul kelompok masyarakat, membimbing , dan memberi bekal klien agar mandiri setelah  kembali  ke masyarakat.

Bapas Yogya, mempunyai tugas melakukan  pembimbingan, pendampingan, pengawasaan dan pembuatan  litmas  klien  pemasyarakatan.  Pembimbingan  kemandirian dan kepribadian klien.

Bulan lalu pelatihan,  diadakan untuk melatih klien secara bertahap.Bimbingan kemandirian dari Bapas Jogja dengan melibatkan masyarakat agar klien dapat mandiri dan berdaya guna  dalam  kehidupannya. Peserta selain memperoleh ilmu menanam tanaman sayur, juga mendapatkan bekal pembuatan keripik pisang dari  instruktur Suryanto.

“ Kegiatan    sederhana, dapat dilakukan di rumah,bisa  menambah penghasil, yang penting ada   niat dan usaha, dengan modal murah hasilnya  maksimal dan minimal dapat dikonsumsi untuk keluarga,” tuturnya .

“ Selama berlatih kami mendapat pengetahuan, mulai  proses pencampuran media hingga penanaman. Terima kasih kepada Bapas  Yogya, instruktur yang telah memberi kesempatan. Pengalaman  selama mengikuti pelatihan, akan kami aplikasikan di tempat kami masing-masing,” ungkap perwakilan yang tak mau disebutkan  namanya.

Kepala  Bapas Kelas I  Yogyakata, Ali Syeh ditemui di ruang kerja mengatakan,bahwa bimbingan  kemandirian klien pemasyarakatan  rutin dilakukan tetap  mengedepankan protokol  kesehatan.

“ Kegiatan membantu program pemerintah  dalam ketahahan pangan, mudah dilakukan tetapi hasilnya dapat dinikmati keluarga, masyarakat. Harapan ke depan ilmunya dapat dipraktikan dan dikembangkan.” ungkapnya. Krt Krido/San

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*