Bapas  Yogya Lakukan Bimbingan Dan Pelatihan Pertanian Mandiri

Yogyakarta,Elsindonews,-Untuk pertama kali, di masa pandemi Bapas Yogyakarta mengadakan bimbingan dan pelatihan pertanian tanaman  buah dan sayuran,yang diadakan  di Kantor Bapas Jogja, Jl.Pangurakan,  Yogyakarta.Pelatihan dan bimbingan  merupakan kerja sama  dengan Tani Surya diikuti 7 orang.

Kepala Seksi Bimbingan  Klien Dewasa, Setyo Wahyudi mengatakan,pelatihan  menjadi titik awal  kegiatan  bagi Bapas Yogya  selama  pandemi Covid-19. Untuk menanam buah dan sayuran tidak harus membutuhkan lahan  luas, dengan memanfaatkan lahan sempitpun  dapat dilakukan oleh siapapun, dengan  cukup adanya sinar matahari yang masuk.

Selama mengikuti pelatihan peserta mendapat materi, diantaranya  budi daya sayur dan buah  di lahan sempit (vertical) dan menggunakan pot, botol bekas maupun polybag yang cocok untuk masyarakat perkotaan.(28/8/2020)

” Peserta selain kami beri materi bagaimana tata cara memanfaatkan lahan sempit untuk bisa ditanami  sayuran dan buah, juga  kami beri pelatihan dalam pencampuran  media dengan memanfaatkan bahan limbah yang ada  di sekitarnya.” ungkap Suryanto yang sudah  puluhan tahun menekuni usaha di bidang pertanian.

Menurutnya, medianya sangat simple, praktis seperti lahan  yang ada  di sekitar rumah. Dengan begitu  kebutuhan keluarga  dapat terpenuhi, dan terjamin dari keamanan,kebutuhan  dan  keamanan  disini  yang kami  maksudkan  adalah  gizi makanan, juga  bisa menghasilkan  pemasukan dan   tambahan  ekonomi keluarga, minimal untuk memenuhi  memenuhi kebutuhan sendiri,” imbuh Suryanto pemilik Surya Tani.

Setelah  mengikuti,  pelatihan peserta mendapat gratis berupa  media polybag, bibit tanaman buah, dan sayuran seperti  seledri,terong,papaya california,sawi, selada.Untuk dipraktekkandi rumah masing-masing maupun masyarakat sekitarnya.

Kepala  Bapas  Jogya,  Ali Syeh, ditemui  seusai   pelatihan,menyatakan dengan  selesainya pelatihan ia, berharap ke depan peserta dapat  menularkan pengetahuan dan ilmunya selama mengikuti untuk diamalkan di tengah masyarakat maupun untuk menambah wawasan dan memenuhi kebutuhan keluarga.

“ Kami  mengucapkan terima kasih  kepada Bapas Jogja yang  telah memberikan  kesempatan  dan fasilitas sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan  sukses,” ujar Suryanto.  Krt Krido/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*