Kemenparekraf Kembali Distribusikan Program Bantuan untuk Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di D.I Yogyakarta.

Kadinaspar Singgih Raharjo secara simbolis memberikan bantuan kepada perwakilan penerima bantuan, berlangsung di Wana Bakti Yasa, Yogyakarta.

Yogya,Elsindonews,-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Kemenparekraf)/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyalurkan paket BaLaSa (Bahan Pokok Lauk Siap Saji) periode kedua sebanyak 15.495 paket bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi D.I. Yogyakarta yang terdampak pandemi COVID-19.

Hal tersebut  disampaikan, Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) – Masruroh, S.Sos. MAB,dalam penyerahan Bantuan untuk pelaku  Pariwisata Ekonomi  Kreatif terdampak  Covid-19 DIY di  Wana  Bakti Yasa, Senin (29/6/2020)

Menurutnya, bantuan tahap pertama, paket BaLaSa untuk 15.000 orang pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dimana industri ini merupakan salah satu sektor unggulan di D.I Yogyakarta yang paling signifikan terkena imbas.

Hadir Komisi X DPR RI – My Esti Wijayati mewakili masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif D.I. Yogyakarta, Kepala Dinas Pariwisata D.I Yogyakarta – Singgih Rahardjo, S.H., M.Ed, Kapolda DIY diwakili Dir Pam Obvit Kombes Achmad,Direktur Badan Otorita Borobudur Dirpemspar Agus  Rochiardi, perwakilan asosiasi pekerja hotel, pemandu wisata, pekerja seni, seniman, dan pedagang di kawasan pariwisata, pengelola tempat wisata, dan pengelola homestay.

Paket BaLaSa berisi Beras Super Sidomulyo 5 kg, Gula Pasir Madu Kismo 1 kg,Minyak Goreng 2 liter, Kecap Manis 520 ml, Abon Ayam Koperasi Gatutkaca 1 Ons, Kering Kentang & Kering Tempe 150 gr Koperasi Gatutkaca sebagai produksi UMKM,  Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia(PPJI), Dinas Koperasi yang menaungi UMKM, serta paket Mie Instan sebagai bentuk CSR dari MNC Group.

Masruroh menambahkan dalam penyaluran bantuan pihaknya dibantu Dispar DIY menyerahkan kepada 15.495 pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif di D.I Yogyakarta, yakni mereka yang terkena PHK maupun unpaid leave lebih dari tiga pekan,Distribusi bantuan  akan dikawal Polda dan Polres se DIY.

“Kami mengapresiasi kepada Polda DIY, Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Badan Otorita Borobudur atas dukungan penuh dalam penyaluran bantuan. Distribusi ini akan disalurkan secara serentak tanggal 02 Juli 2020 oleh Polda D.I Yogyakarta dengan pendamping dari Dispar D.I. Yogyakarta dan asosiasi pelaku pariwisata”, ungkapnya. Bantuan BaLaSa juga dilaksanakan di destinasi  Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan beberapa daerah lainnya. Krt Krido/Isan R

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*