Penyemprotan Disinfektan PMI DIY Masih Kerahkan Relawan Dengan  Cakupan Lebih Luas

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 PMI DIY mengerahkan relawan untuk melakukan penyemprotan di beberapa titik sasaran dengan cakupan lebih luas.

Sleman, Elsindonews,-PMI  DI Yogyakarta mengoperasikan satu unit truk tangki gunner kapasitas 5000 liter yang dilengkapi mesin pompa air, generator, gunner spraying. Penyemprotan di Sleman   dengan  sasaran pusat  perbelanjaan mall,supermarket, pasar, terminal. Penyemprotan di Pasar Bibis, Ngijon, Bonagung, Balangan, Godean, Sleman, Turi, Pakem, Jambon, Jangkang, Wonosari, Gentan, Denggung dan terminal Jombor dan Pakem.

“Armada gunner  dengan  kapasitas 5000 liter , sejak 18 Mei –  27 Juni 2020 telah  menyasar  dibeberapa tempat, berkeliling ke seluruh DIY melalui PMI Kab/Kota. Sedangkan, mobil pik up dengan sasaran area pelayanan publik. Tangki gunner, kembali beroperasi di Sleman untuk yang kedua kalinya hingga 29 Juni . Selain, penyemprotan disinfektan,kami  mengemban misi promosi kesehatan dengan terus mengingatkan masyarakat akan bahaya Covid-19”,tutur Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo.

Hingga kini, penyemprotan yang dilakukan PMI mulai 20 Maret 2020 s.d 26 Juni 2020 menjangkau 1.871 titik dengan penerima manfaat 553.415 orang. Sedangkan untuk gunner dengan kapasitas 5000 liter sejak dioperasikan telah menyemprotkan disinfektan 112.000 liter.

Penyemprotan, sebagaimana diungkapkan Ketua Satuan Gugus Tangga  Darurat Bencana  Covid-19  Kab. Sleman, Tri Joko  Saptono , penyemprotan bekerja sama dengan Disperindag Sleman. Tahap pertama penyemprotan di 14 pasar, setelah dilakukan rapid test. Tahap kedua  penyemprotan diperluas dengan armada gunner dan pik up.

“Saya  rasa penyemprotan disinfektan lebih  efektif,dan sebagai salah satu langkah mencegah penyebaran Covid-19 disamping kedisiplinan masyarakat, tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mengenakan masker, jaga jarak dan tetap produktif di rumah, ” jelas Gusti Prabukusumo.

Ditambahkan, Gusti Prabu untuk menghadapi  bencana  pandemi  Covid-19,  PMI masih mengerahkan relawannya untuk melakukan penyemprotan, disamping mengedukasi masyarakat, dan promosi kesehatan, pendampingan psikososial, pelayanan ambulans, pemakaman.Untuk membantu penanganan Covid -19, PMI DIY membuka rekening donasi melalui rekening Bank Mandiri No. 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI DIY. Krt Krido/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*