Dispar Siap Uji  Coba Pembukaan  Destinasi Wisata Gandeng Kominfo

Kepala Dinas Pariwisata Singgih Rahardjo, siap uji coba pembukaan destinasi wisata di DIY

Yogyakarta, Elsindonews,-Menghadapi tatanan baru Destinasi wisata  jauh sebelumnya persiapannya  sudah cukup panjang, termasuk  kesiapan  SOP sudah final  dan  melakukan  pendampingan dengan melengkapi prasarana dan sarana fasilitas cuci tangan,thermogun,handblow, tempat  sampah tertutup dan peralatan  Alat Pelindung  Diri (APD) ,termasuk tenda  darurat  untuk melakukan pengecekan suhu tubuh  bagi setiap wisatawan.

Hal tersebut  disampaikan,  Kepala Dinas  Pariwisata    Singgih Rahardjo,   dihadapan awak media  dalam kesiapan uji coba di 10 destinasi wisata, di aula  Dinas Pariwisata  DI  Yogyakarta. (23/6/2020).

Menurutnya, pendampingan memastikan pra sarana  SDM yang sudah dilakukan pelatihan secara on line,dan peralatan lainnya,  SOP  akan dilakukan secara baik. Dinas Pariwisata  akan melakukan simulasi lengkap dengan peralatan dan dilanjutkan  uji  coba pembukaan secara terbatas tempat obyek wisata. Kesepuluh  destinasi wisata meliputi Parangtritis, Baron, Kukup, Gunung Api Purba Nglanggeran,Kalisuci,Mangunan , Becici.

“Uji  coba di Kalisuci, Gunungkidul   jumlah pengunjung sangat minim  , sehingga  bagian tahapan untuk pembukaan   destinasi wisata,  dan dilakukan ujia coba, evaluasi dengan pembatasan pengunjung 50 % kapasitas  normal dengan dilakukan  reservasi sacara online.” ujar Singgih.

Disamping itu, menuju  tatanan  baru  pihaknya menggandeng Kominfo untuk menyediakan data awal sebagai bagian dari kesiapan, jika terjadi sesuatu bisa  diantisipasi dengan baik karena Kominfo memiliki data  cukup lengkap.

Simulasi akan dilakukan secara ketat dengan mengutamakan pedoman protokol kesehatan seperti memakai masker, adanya thermo gun, fasilitas cuci tangan serta penerapan physical distancing dengan melakukan pembatasan wisatawan. Dyan R/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*