Pengabdian  Masyarakat KKN –PPM UMY  Adakan Pelatihan Penyusunan Peraturan  Desa  Bagi  anggota BPD dan Perangkat Desa

Peserta pelatihan Penyusunan Peraturan Desa bagi anggoa BPD dan Perangkat Desa Giripurwo, Girimulyo, Kulonprogo.

Kulon Progo,Elsindonews,– Tim Program Pengabdian Masyarakat KKN-PPM Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pelatihan penyusunan Peraturan  Desa Bagi  Anggota BPD dan Prangkat Desa,   Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, di aula Desa Giripurwo,Kapanewon, Girimulyo,Kulon Progo.(17/2).

Tim pengabdi  Universitas Muhammdiyah Yogyakarta  diprakarasi,  2  Dosen UMY yang tergabung  dalam Tim Pengabdi Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta,  Drs. Mujiyana, S.H.,M.Si sebagai  dosen Prodi Hukum dan  Drs Juhari Sasmito Aji, M.Si  sebagai  dosen Program  studi  Ilmu  Pemerintahan  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeritas  Muhamamdiyah Yogyakarta.

Pelatihan, sebagaimana diungkapkan, Drs. Mujiyana,S.H.,M.Si dosen program studi (Prodi) Fakultas  Hukum UMY, pelatihan bertajuk, “Pelatihan Penyusunan Peraturan Desa Bagi Anggota BPD dan Perangkat Desa”, diperuntukan bagi  aanggota BPD dan  Perangkat desa Giripurwo.

“ Ini merupakan bentuk keseriusan tim pengabdi dalam membangun tatanan hukum yang lebih baik lagi melalui anggota BPD dan Perangkat Desa, sehingga dapat mengatasi permasalahan hukum dan mengisi kekosongan hukum dengan mempertimbangkan aturan yang telah ada, yang akan diubah, atau yang akan dicabut guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat Desa Giripurwo.,” papar Mujiyana.

Ditambahkan,  Pelatihan Penyusunan peraturan desa yang mempunyai konsep memperbaharui dan menyebarluaskan peraturan terbaru dalam menyusun peraturan desa Sesuai Permendagri 111 Tahun 2014 ini dilaksanakan Senin (17/2) di Aula Desa Giripurwo, yang membahas mengenai “Penyerapan Aspirasi Masyarakat” dan “Tata Cara Penyusunan Peraturan Desa Sesuai Permendagri 111 Tahun 2014 Tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa. Menghadirkan Narasumber Dr. Nanik Prasetyoningsih, S.H., M.H.  Fokus pelatihan ini pada Tata Cara Penyusunan Peraturan Desa bagi anggota BPD dan Perangkat Desa.

”Tidak hanya itu, anggota BPD dan Perangkat Desa Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo sangat semangat dan interaktif dalam mengikuti pelatihan ini dengan mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber maupun tim pengabdi.”ungkap Mujiyana. Dyan/Isan R

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*