Putus Mata Rantai Covid-19, PMI DIY Bantu Alat Cuci Tangan Portabel dan Spraying

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 PMI DIY memberikan bantuan alat cuci tangan portabel dan spraying yang penyalurannya melalui PMI Kabupaten /Kota.

Sleman,Elsindonews,-Palang Merah Indonesia(PMI) DI Yogyakarta  memberikan  bantuan berupa spraying 20 unit,cairan disinfektan 480 pcs kepada Disperindag  Kabupaten/Kota, wastafel portabel dua unit untuk Disperindag Kota empat unit wastafel portabel Disperindag Kabupaten melalui PMI Kabupaten. Hal tersebut  disampaikan Ketua  PMI  DI Yogyakarta GBPH  Prabukusumo,S.Psi di Markas PMI DIY, Sleman. (Senin, 18/5/2020)

Menurutnya,menjelang Lebaran masih banyak  masyarakat yang berbelanja ke pasar-pasar.Potensi penyebaran Covid-19 melalui kerumunan  di pasar menjadi sangat tinggi. Enam unit wastafel portabel bantuan dari Rotary Club of Yogyakarta Malioboro. Bantuan tersebut, kami berharap dapat membantu masyarakat dalam  menerapkan protokol kesehatan dengan membangun budaya hidup bersih dan sehat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. PMI DIY juga memberikan peralatan pelayanan penanganan Covid-19 PMI Kabupaten/Kota di DIY.

“Hari ini, kami  bagikan baju hazmat 75 pcs, pewangi pakaian 20 pcs, disinfektan 1.008 pcs, 42 unit face shield. Sementara untuk PMI Kecamatan dan Kecamatan Kota Yogyakarta sejumlah 336 pcs cairan disinfektan dan untuk Kwarda Pramuka  144 pcs cairan disinfektan, ujar Gusti Prabu.

Ditambahkan,sampai  saat  ini, (17/5/2020) cakupan penyemprotan disinfektan PMI se-DIY mencapai 1.584 titik dengan jumlah penerima manfaat 396.932 orang, promosi kesehatan di 244 titik  penerima manfaat 26.821 orang. PMI tetap berkomitmen membantu pemerintah, melayani masyarakat terdampak Covid-19 dengan berbagai pelayanan ambulans, pemakaman, psikososial, promosi perilaku hidup bersih dan sehat, pelayanan kesehatan dan donor darah.

“Alhamdulillah, kami mendapat bantuan bingkisan lebaran dari Yayasan Amal Bakti Natural Nusantara untuk 150 relawan PMI se-DIY. Dengan bingkisan lebaran ini kami berharap Relawan yang bekerja tiada henti melayani masyarakat dalam Tanggap Darurat Bencana Covid-19 dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga.” tambah Gusti Prabu.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat, donatur yang telah mendukung PMI dengan memberikan bantuan,donasi melalui PMI DIY. Tentu kami akan menyalurkan dan memanfaatkan secara transparan, bertanggung jawab. Sementara,  total donasi yang terkumpul sampai hari ini (18/5/2020) sejumlah Rp332.298.001,00. Kami masih membuka donasi, silakan masyarakat yang akan membantu bisa menyalurkan melalui rekening Bank Mandiri No. 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY”, ungkap Gusti Prabu.

Selanjutnya, untuk membangun semangat persaudaraan,kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. Mari bersama menebar senyum, tiada henti berkarya untuk kemanusiaan. Krt Krido/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*