Dampak Virus Corona  Okupansi Hunian  Sejumlah Hotel dan Restoran Turun Drastis

Ketua PHRI BPD DI Yogyakarta Deddy Pranowo Eryono,dalam jumpa pers,

Yogyakarta,Elsindonews,-Jumlah pasien  positif  Corona terus bertambah tersebar di berbagai  daerah termasuk di DIY, 4 pasien  Corona dengan status  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dirawat di rumah sakit. Hal tersebut disampaikan Ketua  PHRI BPD DI Yogyakarta Deddy Pranowo Eryono,dalam jumpa pers yang dihadiri  Kukuh,  Haryadi Baiim (IHGMA) di  Yogyakarta.(17/3/2020)

Menurutny, dampak  virus  Corona berpengaruh  menurun jumlah hunian hotel di DIY antara Februari – Maret banyak mengalami pembatalan pemesanan kamar hotel, restoran. Tingkat hunian  kamar hotel rata-rata menurun  15,5 %  jika  dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara itu, di sektor lain secara langsung akan berdampak pula pada pariwisata dan UMKM seperti kerajinan, kuliner dsb.

“ Restoran  menerima  pembatalan  pemesanan  total  mencapai  ribuan  orang. Kondisi  konkrit buruk  dapat dipastikan akan berlangsung  entah  hingga kapan mengingat   virus  corona  baru mulai  mewabah  di Indonesia termasuk di DIY.” ungkap Deddy.

Penyumbang terbesar PAD di Yogya dan Sleman adalah pajak hotel dan  restoran. Sudah bisa dipastikan  hunian  hotel kamar hotel dan pajak  restoran  akan menurun drastis. BPD PHRI DIY berharap,kebijakan Gubernur  DIY  berupa lima  Imbauan sungguh sungguh dilaksanakan  dan diterapkan oleh pemda se DIY.  Mendesak  pemerintah untuk  menggerakkan seluruh  komponen  masyarakat  dalam mewujudkan  dan menjaga  Yogyakarta aman  dikunjungi  wisatawan yang tidak  otomatis  diartikan  sebagai  ajakan  berkunjung ke Yogyakarta.

Menjaga  Yogya aman perlu ditunjukkan aksi nyata melaksanakan SOP Pencegahan Corvid-19  secara konsisten  dari hulu hingga hilir.Pencegahan  dengan  gerakan cuci tangan,  dan penyemprotan  disinfektan.Pemerintah daerah  untuk memberikan  incentive  keringanan  pajak hotel dan restoan  selama  6 bulan. Memonitor ketersediaan  bahan  kebutuhan  kesehatan  seperti sanitizer, masker,sembako, bumbu.Mengendalikan  harga bahan  kebutuhan kesehatan dan kebutuhan  pokok.  Dyan/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*