Pelantikan Perangkat Desa Condongcatur : Terapkan   Informasi  Teknologi Berbasis Digital

Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji melantik 5 perangkat desa berlangsung di Pendopo Balai desa Condongcatur. Foto : Y Ome

Sleman, Elsindonews,=Menghadapi tantangan ke depan di era digitalisasi  Pemdes Condongcatur  akan menerapkan    Informasi Teknologi (IT)  dalam melayani  masyarakat yang heterogin jumlahnya    50 lebih ribu warga  Condongcatur yang harus mendapat pelayanan secara prima.

Hal tersebut  disampaikan  Kepala Desa Condongcatur Reno  Candra Sangaji ditemui di kantornya seusai pengambil  sumpah dan pelantikan lima perangkat  desa Pemdes Condongcatur,Depok, Sleman.(18/3/2020)

Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji

Menurutnya,  pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT) tersebut, bertujuan  untuk mempermudah,  mengakses  dan memberi layanan kepada  masyarakat, seperti SKCK,Surat Keterangan Usaha, Bea Siswa, Kartu Tanda Penduduk(KTP),  Kartu Keluarga(KK).

Untuk mengakses  warga 50 ribu  dibutuhan server yang kuat  untuk mengakomodir data-data yang masuk, dengan system informasi  aplikasi pemdesa, aplikasi layanan  tinggal diklik pemerintah desa,tinggal pilih jenis layanan.Hingga kini persiapan sudah memasuki 75 persen dan ditargetkan 2 bulan selesai.

Kelima perangkat desa yang  diambil sumpahnya,dan segera menempati posisi dijajaran perangkat desa   yakni Kepala Urusan  (Kaur) Tata  Usaha dan Umum Ferbandya Riski Hartantri, Dukuh  Manukan  Beti  Kartiningrum, Dukuh  Gempol  Ari  Susanti, Dukuh  Pikgondang Tri Setiawan dan dukuh  Gandok  Supriyono Atmojo.

“Kami berharap, dengan program digitalisasi ini  masyarakat yang membutuhkan  surat surat tidak harus mengentre,masyarakat  dapat memanfaatkan     smartphone.Warga yang sudah  mengajukan  permohonan lewat  smartphone  langsung mendapat pelayanan.Setelah mendapat surat pengantar dari RT, RW dan Dukuh tinggal menukarkan.” ungkapnya. Ome/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*