HUT TNI : Kogabwilhan Menuju Modernisasi Militer Wujudkan TNI Profesional Kebanggaan  Rakyat

Foto bersama seusai upacara peringatan HUT TNI ke 74 di Makorem 072/Pmk Yogyakarta

Yogyakarta,Elsindonews,-Sebagai alat  negara,  TNI  tidak terlepas dari perubahan  lingkungan  strategis yang berkembang  dinamis dan semakin  kompleks. Perkembangan  dunia  telah  menciptakan  dimensi dan metode peperangan   baru. Demikian sambutan tertulis,Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.I.P yang dibacakan Kasrem 072/Pmks Kol.(Kav) Puji  Setiono dalam peringatan HUT TNI ke 74, di Makorem 072/Pmk, Yogyakarta.(5/10/2019).

Menurutnya,kemajuan teknologi yang sangat  berguna  bagi kehidupan manusia juga membawa  dampak  disrutif di berbagai bidang. Hal ini  menjadikan   konsep  peperangan  tidak lagi  terbatas   dalam suatu  teritorial dan masuk  ke berbagai  dimensi. Perang siber yang disertai  perang informasi , dapat  merusak kehidupan  bermasyarakat dan bernegara.Ditambah lagi potensi  bencana alam,  yang dapat  terjadi  setiap saat.  Ancaman  militer  dan nir  militer berubah  dan  TNI harus  siap  menghadapinya.

 Menghadapi kompleksitas  ancaman, diperlukan  Postur  TNI  ideal  yang dibangun  sesuai  kebijakan pertahanan  Negara, dengan memperhatikan  Indonesia  sebagai  Negara kepulauan. Pembangunan   Postur  TNI   meliputi  pembangunan kekuatan , pembinaan  kemampuan dan gelar  kekuatan TNI. Pembangunan  kekuatan  TNI, telah  dibentuk   Divisi  Infanteri-3/Kostrad, Koarmada III,Koopsau III dan  Pasmar-3 Korps  Marinir guna menghadapi  trouble spot di wilayah Indonesia  bagian timur. Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna  sebagai  pangkalan aju  bagi unsur –unsur TNI yang beroperasi di wilayah  utara Indonesia.

Pembentukan  Komando Operasi  Khusus (Koopssus) TNI untuk menyelenggarakan operasi khusus  guna  menyelamatkan  kepentingan  nasional dan di luar wilayah NKRI, pembentukan  Komando Gabungan  Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I,II dan III  untuk menyelenggarakan kampanye militer, operasi  gabungan dan operasi  lainnya.

TNI bahu membahu  dan bersinergi dengan berbagai  komponen bangsa.  Berbagai  kekuataan  yang  bersatu  akan  menghasilkan  energi yang luar biasa bagi  kemajuan bangsa. Untuk itu saya  akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit  dan PNS TNI. Pertama perkokoh  iman dan takwa  kita kepada  Tuhan  Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk  terus  beribadah, karena  hanya  kepada-Nya lah kita  berserah diri.Kedua, tingkatkan  soliditas  TNI,pegang teguh  nilai nilai keprajuritan  serta  kemanunggalan  TNI dengan  rakyat, agar  kita selalu  menjadi pemersatu  dan perekat  bangsa  yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga, tingkatkan kewaspadaan  dan profesionalitas serta kualitas sumber  daya manusia dalam menghadapi  berbagai  tantanagn. Keempat, sikapi  berbagai  kemajuan dengan bijak, jadilah  agen  perubahan. Kelima,jalanilah  setiap tugas secara  ikhlas, karena  untuk  kepentingan  bangsa dan Negara tercinta.”paparnya.

Usai upacara,diberikan  beasiswa  dari Pangdam IV/Dip kepada Wirana  Akbar Unggul Yudhatama, mahasiswa UNJANI  IPK  3,71 putra  Pelda  Sukamat Ba  Wanwil Ramil 10/Yka,Vina Aulia  Mariska  pelajar klas XII MAN I Sleman putri Peltu Tri  Waluyo, Dansiminlog Pokko Tonwal Denma Rem 072, M Naufal Yudha Faris Fardhilan,peraih medali  emas Renang  50 meter Gaya  Bebas, Gaya Kupu-kupu Kejurnas  dan Kualifikasi  PON 2020 di Jakarta,putra  Serda  Triyanto Babinsa  Ramil 04 Kodim Yka, Aquina  Belvana Haddy, peringkat I kelas  II SDN  Nogotirto, putri  Peltu  Suhadi, Bati  Siintel Kodim Yka.Kur/Isan R

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*