Grebeg  Syawal : Simbol Kasih Sayang

Dengan pengawalan dari prajurit Puro Pakualaman Gunungan siap diperebutkan setelah sebelum dibacakan doa keselamatan

Yogyakarta, Elsindonews,-Dengan  kawalan prajurit Pakualaman dan iringan  gajah gunungan Pareden keluar dari Keraton  Yogyakarta menuju ke Pura Pakualaman. Dengan  dikeluarkan  secara besmamaan dengan gununga yang  dirayah di halaman  Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Sedangkan Pareden gunungan  diperuntukan  Paku Alaman, setelah terlebih dulu dilakukan “Atur Panampi “penyerahan  gaunungan Pareden yang dipimpin  KRT Projo Anggono selaku  Penghageng Tepas  Kapanitran yang mewakili  Pura Pakualaman.

Penyerahan gunungan sebagaimana  diungkapkan,  KRT  Projo Anggono menyatakan  sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan,  disamping itu menyambung tali silaturahm  antara Kasultanan  Ngayogyakarta  dengan Puro Pakualaman. Kedua bekas dinasti Mataram tersebut  dapat tetap lestari berkesinambungan hubungan  diantara kekeluargaan.Terutama  Kasultanan  dan Pakualaman.

Menurutnya, dari  upacara tradisi ini sebagai tata laku paugeran ini dalam kontek  pihak Pura Pakualaman bergantian  asok glondong pangarem arem sebagai simbul bakti anak terhadap orangtua. “ Prosesi  upacara sebenarnya mengandung nilai luhur  budi pekerti.” ungkapnya.

Titik tolak dari upacara tersebut untuk bersama memaknai, menghayati yang begitu besar kasih sayang orang tua terhadap anaknya, yang terjadi semenjak HB I berkuasa selama   32 orang diantaranya, KP.Notokusumo yang lahir dari ibu GKR. Srenggoro (KGPAA.Pakualam I).

Dari sinilah awal  upacara tradisi Garebek sebagai simbol rasa kasih sayang Hamengku Buwono I terhadap KP.Notokusumo KGPAA Pakualam I.Upacara tradisi grebeg yang dikemas tontonan menjadi  tuntunan, yakni dengan memberikan sebagian hasil bumi kepada masyarakat.

Hadir dalam upacara garebeg  setiap 10 Besar Be 1952/12 Agustus 2019 dengan sengkalan “ Dwi Pranata Gatraning Negari (BE 1952)”, Gusti Kangjeng Bandoro Raden Ayu Adipati Paku Alam yg didampingi sederek dalem sentono dalem dan tamu undangan. KRT Krido/Suci

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*