Pahala Tua Sianturi, SE, Ketua DPD Partai Perindo Jakarta Pusat Perindo Fokus Berjuang untuk Ekonomi Kerakyatan

Bukan menjadi hal yang mustahil untuk membawa bangsa ini maju dan sejahtera jika ada kemauan dan kerja keras. Komitmennya itu akan diwujudkan bersama Partai Perindo. Dia adalah Ketua DPD Perindo Jakarta Pusat Pahala Tua Sianturi. Ambisinya ini memang terdengar tidak muluk-muluk. Mengingat, segala potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki bangsa Indonesia begitu melipah. Sehingga sejalan dengan visi dan misi Partai Perindo yakni membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Pahala Tua Sianturi merupakan seorang pengusaha muda di bidang jasa angkutan pelayaran. Selama 16 tahun ia telah membangun perusahaan keluarga hingga menjadi besar. Hingga saat ini setidaknya beberapa perusahaan sudah ia pimpin. Selain figur pemimpin yang smart dan ramah, hobinya bersentuhan langsung dengan masyarakat luas, membuatnya mengerti betul akan permasalahan yang dihadapi masyarakat bawah.

Berangkat dari sanalah, ia bertekad ingin menderma bhaktikan dirinya bersama dengan Partai Perindo. Menurutnya, selain sejalan dengan pemikirannya, sejak kemunculan partai besutan Harry Tanoesoedibjo ini sudah mampu menggebrak dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan. Oleh sebab itu, Perindo ia anggap satu-satunya partai yang mampu menjadi rumah bagi seluruh rakyat Indonesia, yang tidak membeda-bedakan pandangan terhadap suku, ras dan agama.

“Partai Perindo adalah partai baru untuk semua rakyat, beridealisme jelas serta mempunyai gagasan yang kuat dan sederhana khususnya tentang ekonomi kerakyatan. Gagasan kuat dan sederhana yang dimaksud adalah memberdayakan masyarakat golongan menengah dan ke bawah dengan konsep akses modal, memberi pelatihan dan penyuluhan serta perlindungan masyarakat,” buka pria yang akrab disapa Pahala ini.

Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Partai Perindo juga membantu masyarakat miskin. Kepedulian Perindo kepada masyarakat bawah ini dibuktikan dengan kegiatan sosial yang langsung terjun ke masyarakat guna menanggulangi gejala-gejala yang terjadi di masyarakat luas.

Menurut Pahala, Partai Perindo berkomitmen untuk membantu masyarakat ekonomi lemah karena Indonesia mempunyai semuanya yang negara lain tidak punya. Akan tetapi pada kenyataannya, masyarakat Indonesia masih banyak yang kurang sejahtera yang menjadikan ironis dibanding bangsa lain.

Ia mengatakan, jika Indonesia tidak mengubah strateginya akan semakin terpuruk. Oleh karena itu, strategi Indonesia harus diubah untuk menjadi bangsa yang kuat dan maju sehingga masyarakatnya sejahtera. Program-program yang Perindo tawarkan memang pas dengan kondisi yang dirasakan masyarakat serta kondisi persoalan Indonesia.

“Bukan satu hal yang mungkin tidak bisa dicapai apabila kita bekerja sama dengan baik, karena semakin kita mengenal sampai tingkat bawah maka rakyat akan mengenal kita dengan membangun organisasi yang mengakar. Perjuangan Partai Perindo untuk mencapai tujuan itu, yaitu untuk Indonesia sejahtera, karena partai merupakan wadah di mana negara dibangun melalui proses politik,” katanya.

Pahala juga menegaskan, kalau masyarakat sebuah negara atau bangsa tidak sejahtera dan makmur, maka negara itu akan sulit maju dan menerima perkembangan zaman sehingga memakmurkan masyarakat Indonesia adalah bagian dari visi misi Partai Perindo.“Sesuai arahan Ketua Umum, Partai Perindo harus memberi kontribusi nyata kepada masyarakat. Selain itu, sudah saatnya pula Indonesia maju dan masyarakatnya bisa menerima perkembangan zaman sehingga memakmurkan masyarakat Indonesia adalah bagian dari visi misi partai kami.”

“Sampai hari ini, kita masih jauh dari kata sejahtera. Meskipun Partai Perindo saat ini masih merupakan partai baru, namun dengan kerja keras kita semua saya yakin partai ini dapat menjadi partai yang besar di masa mendatang,” sambungnya.

Tugas kita sebagai pengurus dan kader Perindo, selain turut membesarkan partai juga turut terlibat langsung menumbuhkan perekonomian UMKM yang sudah dirintis oleh partai dengan jalan memberi bantuan berupa warung Perindo, gerobak Perindo serta pelatihan. “Semua ini diberikan secara gratis dan cuma-cuma kepada semua pedagang yang mengajukan ke Perindo. Kedepan, Perindo juga akan menciptakan program pembinaan koperasi atau nelayan berdikari. Agar semua lini kehidupan dapat sejahtera,” ujarnya.

Aksi-aksi nyata lain yang dilakukan Ketua DPD Jakarta Pusat ini yakni dengan terlibat langsung turun ke bawah bersama-sama team rescue Perindo, Kartini Perindo dan Grind Perindo membantu masyarakat. Seperti melakukan fogging, membantu pemadaman kebakaran, mangadakan bazar murah serta aksi-aksi sosial lannya. Sedangkan di bidang kesehatan yang kemungkinan akan dilaksanakan oleh DPP Partai Perindo mengadakan pengobatan gratis, pembagian kaca mata baca, operasi bibir sumbing dan sunatan masal.

“Selain program tersebut DPP Perindo mendukung dengan akses media seluas-luasnya untuk mendukung setiap kegiatan kami secara langsung. Itulah hebatnya Perindo,” ungkapnya.

Ketika disinggung mengenai rekruitmen caleg, Pahala mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menghadapi Pemilu 2019 adalah memperkuat kepengurusan. Selain itu, kata dia, membangun sumber daya manusia (SDM) yang kuat melalui orientasi sehingga bisa bergandengan tangan dalam mencapai tujuan yang sama.

Terkait rekruitmen dan strategisnya sendiri secara resmi baru akan disampaikan setelah pelantikan Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Namun, lanjut Pahala, untuk mekanismenya yang jelas menggunakan dua cara yakni struktural dan non struktural. Struktural penjaringan dilakukan di internal partai sedang non struktural lewat online. Khusus pencalegan melalui sistem online, selain membuka peluang untuk kader juga membuka kesempatan untuk masyarakat umum.

“Merespon kebijakan DPP Perindo, maka kami menghimbau kepada seluruh kader Perindo untuk menyiapkan diri, melakukan kerja-kerja sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus menggalang dukungan ke para tokoh untuk maju lewat Partai Perindo,” ujar Ketua DPD Jakarta Pusat ini.

Menurut Pahala, proses rekruitmen memang lebih dimaksudkan untuk menjaring para kader potensial maupun para tokoh yang berminat mengabdi melalui Partai Perindo. Dengan pola ini, lanjut dia, partai bisa menyiapkan kader yang memang siap berlaga dalam kontestasi Pemilu.

“Pendaftaran online ini kiranya dapat menjadi momentum bagi Perindo untuk melakukan komunikasi kepada semua pihak, sekaligus menampung putra-putri terbaik bangsa di Partai Perindo. Selain itu, ini merupakan bukti nyata bahwa Partai Perindo itu merupakan partai terbuka yang go publik,” imbuhnya.

Tak kalah pentingnya lanjut Pahala, masalah korupsi dan narkoba juga menjadi perhatian khusus Partai Perindo. Hal ini dikarenakan untuk meminimalisir tumbuhnya bibit-bibit baru korupsi. Untuk itu Perindo telah menyiapkan tim khusus di bidang kaderisasi dengan diketuai oleh Armin Gultom. Tim ini bertugas untuk mendalami materi bakal calon sebelum mereka resmi ditetapkan sebagai caleg Perindo.

Semua ini kami lakukan agar kedepan Perindo terbebas dari pemimpin-pemimpin yang berjiwa koruptif,” pungkas Pahala.

Siapa Pahala Tua Siantur, SE? Figurnya yang low profile, bersahaja, friendly, ramah, mudah bergaul dengan siapa saja. Tak heran kalau sahabatnya dimana-mana. Kawan diskusi yang baik, kaya wawasan, enak diajak bicara, tapi juga mumpuni ketika diajak diskusi soal bisnis, ekonomi, hingga soal-soal politik maupun kebangsaan. Dia adalah Ketua DPD Partai Perindo Jakarta Pusat, Pahala Tua Sianturi, SE.

Ayah dua putra dari Helladius Sintong Perman Sianturi dan Beckham Epiphanias Sianturi ini, pernah mengamban ilmu di Australia dengan status Advancer Sertificate dan Sarjana Ekonomi di Universitas Gotong Royong Jakarta.

Suami dari Herlina Susanti br Nababan ini setelah lulus dari Australia, tahun 2000 diberi kepercayaan untuk memegang perusahaan keluarga yang bergerak di bidang jasa angkutan pelayaran, karena saat itu orang tuanya wafat, disini figur ini diuji, kapabilitasnya, dedikasinya, loyalitasnya, termasuk pula pengabdiannya. Karena kepercayaan yang diberikan keluarga dimaknai sebagai amanah, maka Pahala Tua Sianturi menjawabnya dengan kerja keras dan kerja keras.

“Saya memang pilih mungkin dianggap keluarga yang mampu mengdendalikan jalannya perusahaan,” ujar pria kelahiran Jakarta, 20 November 1978 ini mengawali bincang-bincang dengan Elsindo.

Lantaran kesungguhannya perusahaan yang dipimpinnya kala itu berhasil maju pesat. Hingga saat ini setidaknya tiga perusahaan sekaligus ia pimpin, masing-masing adalah PT Helladius Mulya Halim, PT Suri Adi Daya Kapuas dan PT Gambiri Golden Gambiri.

‘Dimana kaki berpijak disitu langit di jinjing’ filosofis memang, tetapi barangkali inilah yang menginspirasi anak nomor enam dari tujuh bersaudara ini untuk senantiasa memajukan perusahaan. Tatkala, ditanya resep sukses dirinya, Pahala menjawab, “Bekerja keras, jujur, punya komitmen, dan profesional.” Ketika perusahaan semakin kuat, didukung financial yang kuat sebagai seorang pebisnis, Pahala Tua Sianturi pun lakukan ekspansi kebeberapa sektor usaha. Dan, beberapa usaha yang dirintisnya, juga mampu survef hingga saat ini.

Keberhasilan membangun bisnisnya, tak menjadikan dia berubah. Ia tetap sosok sederhana, yang care terhadap lingkungannya. Hal itu dibuktikan, dengan kerapnya ia melakukan kegiatan bersifat sosial. Untuk memudahkan berinteraksi terhadap hal-hal bersifat sosial, Pahala Tua Sianturi mendarmabhaktikan dirinya di bidang organisasi masyarakat seperti penasehat Litbang BPPKB Ranting Warakas, Bendahara Umum Forum Komunitas Bugis – Makasar (FKPBM) dan Sekertaris Dewan Pimpinan Cabang Indonesia National Shipowners Association (INSA) Tanjung Priok.

Tak berhenti sampai disini, dalam rangka mendedikasikan dirinya kepada masyarakat, Penggagas perubahan tarif di pelabuhan, Pencanangan Pergerakan ISPS dan Ketentuan-ketentuan di Pelabuhan atau sering disingkat SK-DIR (SK Direktur), serta pernah menjadi Ketua Paguyuban Operasional Pelabuhan ini pada akhirnya terjun ke dunia politik dan masuk ke Partai Perindo yang ia anggap memiliki visi dan misi sejalan dengan dirinya. Didukung semangat berbakti, Pahala Tua Sianturi saat ini dipercaya oleh DPP Partai Perindo sebagai Ketua DPD Partai Perindo Jakarta Pusat.

Amanat DPP dijalankan secara on the track, berdasarkan agenda kerja Partai. Antara lain melaksanakan kerja sosial, memberikan pelayanan kesehatan gratis, mengadakan sunatan masal, terun ke bawah membantu masyarakat yang sedang kesusahan, membantu ekonomi kerakyatan dengan membagikan grobak dan modal untuk UMKM sesuai misi-visi partai serta melaksanakan verifikasi internal kepada DPC se-Jakarta Pusat. @

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*