Ibu Eniek Sulistyanti Juara I Lomba Festival Anggreak Vanda Tricolour (FAVT) II

Elsindonews.Sleman – Di  lereng Merapi dan sekitarnya terdapat  5.000 jenis Anggrek dari 30.000 jenis  anggrek yang ada di seluruh dunia. Populasi  jumlah anggrek di Merapi memiliki  kekhasan. Lebih dari ratus  pecinta  Anggrek   berkumpul dalam Festival Anggrek  Vanda Tricolour (FAVT) yang  digelar di  Taman Anggrek  Orchids,Sleman.

Dalam sambutan, Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj.Sri Muslimatun, M.Kes, mengatakan, jenis  anggrek yang masih tersisa  setelah pasca Merapi meletus  menyebabkan populasi spesies anggrek makin menurun, jika tidak diselamatkan spesiesnya. “ Kami  menyambut  baik, atas terselenggaranya  Festival Vanda Trocolour.” ungkapnya. Festival Anggrek Vanda  Tricolour,  yang diselenggarakan di Taman Anggrek  Orchids, ini merupakan kedua kalinya, sebelumnya diadakan di tempat yang sama.Juara  I   diraih  Eniek Sulistyanti dari Sardonoharjo,Ngaglik,Sleman mendapat  hadiah uang pembinaan  sebesar  Rp. 1 juta.  Ketua  Panitia Festival Anggrek  Vanda Tricolour (FAVT)  Ir.Kadarso, mengajak  seluruh masyarakat untuk membudidayakan anggrek,pecinta anggrek dan masyarakat peduli anggrek  untuk menyisihkan  tanamannya agar  bisa ditanam  lagi di habitat  aslinya.

Endang selau Ketua   Perhimpunan  Anggrek Indonesi (PAI) DIY Ibu Endang  mengharapkan Festival  Anggrek lebih memfokuskan pada  jenis   Anggrek Vanda Tricolour,karena jenis Anggrek   Vanda Tricolour  mulai banyak  digemari ara pecinta dan pehobi  Anggrek Vanda. Selain jenis Anggrek ini  memiliki aroma  khas wangi dengan ciri  perpaduan  antara warna  ungu bertotol-totol kecoklatan  di bibir bunga  dan warna kekuningan di bagian tengahnya. KRT Krido/isan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*